1. Letak Geografis Madrasah Tsanawiyah Al-Mubarok
Madrasah Tsanawiyah Al-Mubarok Bukit kemuning ini terletak di sebelah selatan jalan Lintas Sumatra (Baturaja dan Palembang) diwilayah kecamatan Bukit kemuning Kabupaten lampung Utara yang berjarak kurang lebih 40 km dari kota Kabupaten. Saat ini secara geografis aman dari berbagai ancaman bencana alam seperti banjir, gunung meletus dan sebagainya. Adapun batas-batas lokasi Madrasah Tsanawiyah Al-Mubarok Bukitkemuning adalah sebagi berikut :
- Sebelah Utara : Jalan Kebun JerukSMN Bukitkemuning
- Sebelah Timur : Berbatasan dengan tanah milik H. Ruslan Efendi, SE
- Sebelah selatan : Berbatasan dengan kebun sawit milik H.Ruslan Efendi, SE
- Sebelah barat : Berbatasan dengankebun sawitmilik H.Ruslan Efendi, SE.
Melihat dari data di atas, Madrasah Tsanawiyah Al-Mubarok Bukitkemuning cukup kondusif untuk mengadakan kegiatan pembelajaran, karena jauh dari keramaian dan akses transportasi yang menghubungkan ke madrasah dengan daerah sekitarnya juga tidak sulit ditempuh karena dekat dengan jalan raya negara, sehingga masih mudah dijangkau oleh semua murid dari segala penjuru. Serta dengan dekat pemukiman penduduk, maka diharapkan adanya kerjasama yang baik dan dapat memberikan dukungan dalam masyarakat (Peta/denah lokasi terlampir).
Kemudian berdasarkan letak secara geografis letak Madrasah berada sangat seterategis berada di pusat kegiatan masyarakat sehingga dengan lahan yang ada dapat memanfaatkan sumber daya yang ada dalam kepentingan bersama di dalam msyarakat.
Madrasah Tsanawiyah Al-Mubarok Bukitkemuning juga memiliki tata ruang aman karena lingkungan Tsanawiyah Al-Mubarok merupakan lokasi pendidikan dan perumahan warga serta, sehingga secara tata ruang sangat mendukung dalam pelaksanaan proses pembelajaran. Dari segi lokasi dekat dengan jalur transportasi lintas sumatra sehingga mudah ditempuh dan juga tata letak ruang tersistematis, sehingga pemantuan terhadap kegiatan pembelajaran murid dapa efektif.
2. Visi, Misi dan Tujuan Madrasah Tsanawiyah Al-Mubarok
Visi
“Islami, Unggul dalam Prestasi, Menjunjung Tinggi Tradisi, Santun dalam Bersikap,dan Meraih Kemuliaan Hidup dalam Kebahagiaan Dunia dan Akhirat“
Misi
Membina peserta didik berdasarkan keimanan dan ketakwaan
Mewujudkan tercapainya peningkatan mutu pendidikan
Mengembangkan diri sejalan dengan perkembangan Iptek dan Kebudayaan
Membina akhlak dan budi pekerti
Meningkatkan pelayanan pendidikan bagi masyarakat.
Menyebar semangat demokrasi secara inovatif
Mengantarkan peserta didik menggapai prestasi
Membangkitkan daya juang bagi kemuliaan hidup dan kebahagiaan Dunia dan Akhirat.
3. Tujuan.
Tujuan Umum
Memberikan pelayanan aktif dalam pendukung program pemerintah serta dalam mewujudkan cita-cita bangsa dalam mencerdaskan masyarakatnya seerta dalam upaya penuntasan wajib belajar
Tujuan Khusus
Mencetak generasi /Lulusan yang memiliki keimanan yang teguh dan keilmuan yang menyeluruh
Menyediakan sarana dan prasarana pendidikan yang memadai dalam menunjang keberhasilan dalam pembelajaran.
Memberikan bekal kepada peserta didik agar dapat berkomunikasi aktif dalam bahasa asing, terutama membekali ilmu pengetahuan ilmu kemsyarakatan.
Mewujudkan alumni yang siap pakai di masyarakat, terutama dalam hal keagamaan.
4. Struktur Organisasi Madrasah Tsanawiyah Al-Mubarok
Berikut ini merupakan struktur organisasi Madrasah Tsanawiyah Al-Mubarok Bukit Kemuning Lampung Utara tahun pelajaran 2018-2019.
Kepala Madrasah : KH. Mudakir, M.Pd.I
Bendahara Madrasah I : Siti Masitoh, S.Pd
Tata Usaha : Nur Kholis, S.Pd
Ketua Perpustakaan : Roslaini, S.Pd
Waka Kurikulum : Anita, S.Pd
Waka Kesiswaan : Ust. Usep Sasmita, S.Ag
Waka Sarpras : Ahlidin
Waka Bimkos : Ahmad Zazili, S.Pd.I
Wali Kelas VII Pa : Ruslaini, S.Pd
Wali Kelas VII Pi : Nurul Mariatus S, S.Ag
Wali Kelas VIII Pa : Bambang Irawan, S.Pd
Wali Kelas VIII Pi : Dwi Nurlina, S.Pd
Wali Kelas IX Pa : Herianto, S.Pd.I
Wali Kelas IX Pi : Wihayati, S.Pd
5. Keadaan pendidik, Karyawan dan Peserta Didik Madrasah Tsanawiyah Al-Mubarok
Suatu hal yang tidak dapt ditinggalkan dalam proses belajar mengajar adalah antar guru, karyawan dan peserta didik, sebab keduanya merupakan faktor yang sangat penting dalam dunia pendidikan. Dengan alasan tersebut, kami tidak tidak dapt meninggalkan dalam penelitian ini, yaitu tentang keadaan guru dan murid, yang nantinya dapat dijadikan acuan dalam melengkapi data. Adapun kondisi obyektif sekolah adalah sebagai berikut:
Keadaan Pendidik dan Karyawan
No
|
Nama
|
Bidang Studi
|
Jabatan
|
1
|
H. Mudakir, M.Pd.I
|
-
|
Kepala Madrasah
|
2
| Moh. Bambang Suparto, S.Pd.I |
Akidah Akhlak
|
Guru
|
3
|
Mukhlisin, S.Ag
|
Qur'an Hadist
|
Guru
|
4
|
Ateng Jaelani
|
SKI
|
Guru
|
5
|
Hj. Mardiyati, S.Pd
|
SKI
|
Guru
|
6
|
Herianto, S.Pd.I.
|
B. Lampung
|
Wali Kelas 9 Pa
|
7
|
Beti Rahayu, S.Pd
|
IPA
|
Guru
|
8
|
Asdianah, S.Pd
|
Matematika
|
Guru
|
19
|
M. Syafruddin
|
Fiqih
|
Guru
|
10
|
Ruslaini, S.Pd
|
Bahasa Inggris
|
Wali Kelas 7 Pa
|
11
|
Nur Kholis, S.Pd
|
Bahasa Arab
|
Guru
|
12
|
Dwi Wahyu Nugrahati, SE.I
|
PPKn
|
Guru
|
13
|
Siti Masitoh, S.Pd
|
Prakarya & KWU
|
Guru
|
14
|
Bambang Irawan, S.Pd
|
Pernjas Orkes
|
Wali Kelas 8 Pa
|
15
|
Nurul Mariatus, S.Ag
|
IPS
|
Wali Kelas 7 Pi
|
16
|
Juniyanti, Ss
|
Sejarah Indonesia
|
Guru
|
17
|
Dewi Nurlina, S.Pd
|
B. Indonesia
|
Wali Kelas 8 Pi
|
18
|
Nafissaturrohmah, S.Pd
|
Tahfidz
|
Guru
|
19
|
Usep Sasmita, S.Ag
|
Aswaja
|
Guru
|
20
|
Wihayati, S.Pd
|
Matematika
|
Wali Kelas 9 Pi
|
20
|
Maria Mustika Sari, S.Pd.
|
Matematika
|
Guru
|
21
|
Ust. M. Hamdi Mushlih
|
Nahwu
|
Guru
|
22
|
Eka Kurnia Susanti, S.Sos
|
Guru BK
|
Guru
|
23
|
Yayan Suryana
|
Ka Tu / Operator
|
Ka. TU
|
Keadaan Peserta didik
Tahun Pelajaran
|
Kelas
|
Jumlah
|
Jumlah
| |
L
|
P
| |||
2018/2019
|
VII
|
5
|
11
|
16
|
VIII
|
11
|
12
|
23
| |
IX
|
5
|
11
|
16
| |
2019/2020
|
VII
|
11
|
21
|
32
|
VIII
|
5
|
11
|
16
| |
IX
|
11
|
12
|
23
| |
6. Keadaan Sarana dan Prasarana Madrasah Tsanawiyah Al-Mubarok
Untuk mewujudkan kegiatan belajar mengajar yang efektif, pendidikan di MTs Al Mubarok didukung oleh berbagai sarana dan prasarana sebagai berikut:
- Kelas
- Kantor
- Ruangan kepala madrasah.
- Ruangan tata usaha.
- Ruangan wakil kepala madrasah.
- Ruangan urusan kesiswaan.
- Laboratorium komputer yang digunakan untuk praktik komputer.
- Perpustakaan.
- UKS (Unit koperasi sekolah).
- Kamar mandi.
- Gudang.
- Tempat ibadah ( aula )